Jumat, 09 Januari 2015

Makkiyah dan Madaniyah

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang.

Al-Qur’an merupakan kitab suci sekaligus sumber rujukan utama bagi umat Islam. Memahami kandungan Al-Qur’an tentu akan sangat bermanfaat sekali karena di dalam alqur’an tidak semata-mata  memuat masalah  keimanan, ibadah, dan sejarah umat terdahulu. Al-Qur’an juga memperhatikan masalah sains, gender, ham, dan permasalahan lain yang berkaitan dengan kehidupan umat manusia.
Menurut fakta histories, Al-Qur’an tidak langsung diturunkan dalam sekali waktu dan tidak pula diturunkan dalam satu tempat atau satu lokasi saja.
Ayat-ayat atau surah  Al-Quran juga dibedakan menjadi dua golongan, yaitu Makkiyah dan Madaniyah. Pengklasifikasian ini meski didasarkan pada tempat di mana ayat atau surah tersebut turun, tapi bila ditinjau lebih dalam lagi akan ditemukan bila sebenarnya kandungan dua surah tersebut menunjukkan hal yang tidak sama pula. [1]

B.     Rumusan Masalah

1.         Apakah pengertian dari makkiyah dan madaniyah serta 4 teori tentang makkiyah dan madaniyah ?
2.         Apasaja karakteristik dari ayat-ayat makkiyah dan madaniyah ?
3.         Apa saja macam-macam surat makkiyah dan madaniyah beserta alasannya ?
4.         Apakah faedah mengetahui makkiyah dan madaniyah ?


C.     Tujuan

1.         Untuk mengetahui pengertian surah Makkiyah dan Madaniyah
2.         Untuk mengetahui surah yang termasuk Makkiyah dan Madaniyah
3.         Untuk menambah pengetahuan atau wawasan kita terhadap surat- surat yang turun di Makkah dan Madinah.


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Makkiyah dan Madaniyah dan 4 TeoriTentang Makkiyah dan Madaniyah
1.         Pengertian Makkiyah dan Madaniyah
a.         Makkiyah adalah segala ayat yang diturunkan di Makkah.
b.        Madaniyah adalah segala ayat yang diturunkan di Madinah. [2]
2.         TeoriTentangMakkiyahdanMadaniyah
Ada 4 teori tentang MakkiyahdanMadaniyah, yaitu :
a.     Teori geografis/Makani (mulaahadhatu makaani nuzul) yaitu, teori yang berorientasi pada tempat turunnya ayat al-Qur’an.
Menurut teori ini, Makkiyah adalah ayat-ayat alquran yang turun di Makkah baik ketika nabi Muhammad SAW sudah  atau sebelum hijrah ke Madinah. Adapun yang dimaksud dengan mekkah adalah kota mekkah dan kawasan  sekitarnya termasuk Mina, Arafah, Hudaibiyah.
Sedang ayat Madaniyah adalah ayat-ayat alquran yang turun di Madinah dan sekitarnya. Menurut teori geografis ini termasuk madaniyah ayat-ayat al-quran yang turun kepada nabi Muhammad SAW ketika berada didaerah Badar, Uhud, qubah, dsb.
Kelebihan teori ini: hasil rumusan pengertian Makkiyah dan Madaniyah ini jelas dan tegas. Semua ayat-ayat al-quran yang turun di Mekkah dinamakn makkiyah meskipun turunnya sesudah nabi Muhammad hijrah ke Madinah
Kelemahannya: rumusannya tidak mampu mencakup seluruh ayat-ayat alquran , karena terdapat sejumlah ayat yang diturunkan diluar kawasan makkah dan madinah.
b.     Teori subyektif/khitobi (mulaahadhatu mukhaathabiina fi nuzul) , yaitu  teori yang berorientasi pada subyek siapa yang dipanggil atau dituju oleh ayat itu. Jika subyeknya orang Makkah, maka ayatnya disebut Makkiyah, diantaranya: yaa ayyuhannaasu, yaa ayyuhalladhina kafaruu, yaa bani aadama. Jika subyeknya orang Madinah, maka ayatnya disebut Madaniyah, diantaranya: yaa ayyuhalladhiina aamanuu.
Kelebihan teori ini: rumusannya lebih mudah dimengerti. Sebab, dengan memakai criteria khitab atau panggilan lebih Nampak dan lebih cepat dikenal.
Kelemahannya: pengertiannya tidak dapat dijadikan batasan/definisi karena tidak bias mencakup seluruh ayat al-Quran. Kriterianya juga tidak dapat berlaku secara menyeluruh, ada ayat yang dimulai yaa ayyuhalladhina aamanu tapi yang dimaksud Makkiyah. Begitu pula ada ayat yang dimulai dengan yaa ayyuhannaasu, tapi yang dimaksud Madaniyah.
c.     Teori historis/zamani (mulahadhatu zamaanin nuzul), yaitu teori yang beorientasi pada sejarah waktu turunnya al-Quran. yang dijadikan tonggak sejarah oleh teori ini ialah hijrahnya nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.
Kelebihannya: menurut para ulama teori ini dianggap yang paling benar, sebab rumusannya mencakup seluruh ayat al-Quran sehingga dapat dijadikan batasan/definisi.
Kelemahannya: seringkali menyebabkan kejanggalan, sebab ayat yang nyata-nyata turun di Makkah dianggap Madaniyah hanya karena turunnya sesudah hijrah.
d.     Teori content analysis, yaitu suatu teori yang mendasarkan kriterianya dalam membedakan Makkiyah dan Madaniyah kepada isi dari ayat/surat yang bersangkutan. Dinamakan Makkkiyah karena ayat/surat tersebut berisi cerita umat dan para nabi. Sedangkan Madaniyah berisi tentang hukum.
Kelebihannya: kriterianya jelas dan mudah dipahami.
Kelemahannya: penentuan Makkiyah dan Madaniyah menurut teori ini tidak praktis, sebab harus mempelajari kandungan ayat kemudian baru bias mengetahui kriterianya.[3]

B.     Karakter Ayat-Ayat Makkiyah dan Madaniyah

1.         Karakter Ayat-ayat Makkiyah, yaitu :
a.         Surah yang didalamnya terdapat ayat-ayat sajdah
b.        Surah yang didalamnya terdapat lafadz kallaa
c.         Surah yang didalamnya terdapat kalimat yaa ayyuhannaas, kecuali surah Al-Hajj yang pada bagian akhirnya terdapat kalimat yaa ayyuhal-ladziina aamanuu irka’uuwasjuduu
d.        Surah yang didalamnya terdapat kisah para nabi dan umat-umat terdahulu, kecuali Al-Baqarah
e.         Surah yang terdapat di dalamnya kisah Nabi Adam a.s. dan iblis kecuali surat Al-Baqarah
f.         Surah yang diawali dengan huruf-huruf hijaiyah, seperti Alif Lam Mim, Alif Lam Ra, Ha Mim, dan lainnya, kecuali surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran.
2.         Karakter Ayat-ayat Madaniyah, yaitu :
a.         Surah yang didalamnya terdapat izin berperang, atau menyebut soal peperangan dan menjelaskan hukum-hukumnya.
b.        Surah yang didalamnya terdapat rincian hadd, fara’idh (hokum pembagian harta pustaka), hokum sipil, hokum sosial, dan hokum antar negara.
c.         Surah yang didalamnya terdapat uraian tentang kaum munafik, kecuali surah Al-Ankabut yang makkiyyah.
d.        Bantuan terhadap ahlul-kitab dan seruan agar mereka mau meninggalkan sikap berlebihan dalam mempertahankan agamanya.[4]

C.       Macam-macam Surat Makkiyah dan Madaniyah dan Dasar atauAlasannya

1.         Surat Madaniyah[5]
Macam-macam surat Madaniyah, yaitu:
1)             Al Baqarah                                  15)    Al Hadid
2)             Ali ’Imron                                   16)    Al Mujadilah
3)             An Nisa’                                     17)    Al Hasyr
4)             Al Maidah                                 18)    Al Mumtahanah
5)             Al Anfal                                      19)    Ash Shaff
6)             At Taubah                                   20)    Al Jumuah
7)             Ar Ra’d                                       21)    Al Munafiqun
8)             Al Hajj                                        22)    At Taghabun
9)             An Nur                                        23)    Ath Thalak
10)          Al Ahzab                                   24)    At Tahrim
11)          Muhammad                                25)    Al Insan
12)          Al Fath                                       26)    Al Bayyinah
13)          Al Hujurat                                  27)    Az Zalzalah
14)         Ar Rahman                                 28)    An Nashr




2.         Surat Makkiyah[6]
Macam-macam surat Makkiyah, yaitu :
1)             Al-Fatihah                31)    Fushshilat                      61)    Ath-Thaariq
2)             Al-An’aam               32)    Asy-Syuura                   62)    Al-A’laa
3)             Al-A’raaf                 33)    Az-Zukhruf                   63)    Al-Ghaasyiyah
4)             Yunus                       34)    Ad-Dukhan                   64)    Al-Fajr
5)             Huud                        35)    Al-Jaasiyah                   65)    Al-Balad
6)             Yusuf                       36)    Al-Ahqaaf                     66)    Asy-Syams
7)             Ibrahim                     37)    Qaaf                              67)    Al-Lail
8)             Al-Hijr                      38)    Adz-Dzaariyaat            68)    Adh-Dhuhaa
9)             An-Nahl                   39)    Ath-Thuur                     69)    Al-Insyirah
10)         Al-Isra’                     40)    An-Najm                       70)    At-Tin
11)         Al-Kahfi                   41)    Al-Qamar                      71)    Al-’Alaq
12)         Maryam                    42)    Al-Waaqi’ah                 72)    Al-Qadr
13)         Thaha                       43)    Al-Mulk                        73)    Al-’Aadiyaat
14)         Al-Anbiya                44)    Al-Qalam                      74)    Al-Qaari’ah
15)         Al-Mu’minuun         45)    Al-Haaqqah                  75)    At-Takatsur
16)         Al-Furqaan               46)    Al-Ma’aarij                   76)    Al-Ashr
17)         Asy-Syu’ara             47)    Nuuh                             77)    Al-Humazah
18)         An-Naml                  48)    Al-Jin                            78)    Al-Fiil
19)         Al-Qashash              49)    Al-Muzzammil              79)    Quraisy
20)         Al-Ankabuut            50)    Al-Muddatstsir             80)    Al-Maa’uun
21)         Ar-Ruum                  51)    Al-Qiyaamah                81)    Al-Kautsar
22)         Luqman                    52)    Al-Muraasalaat             82)    Al-Kaafiruun
23)         As-Sajdah                53)    An-Naba                       83)    Al-Lahab
24)         Sabaa                        54)    An-Naazi’aat                84)    Al-Ikhlaash
25)         Al-Faathir                 55)    ‘Abasa                           85)    Al-Falaq
26)         Yaasiin                     56)    At-Takwiir                    86)    An-Naas
27)         Ash-Shaffaat            57)    Al-Infithaar
28)         Shaad                       58)    Al-Muthaffifiin
29)         Az-Zumar                 59)    Al-Insyiqaaq
30)         Ghaafir                     60)    Al-Buruuj




3.         Dasar atau Alasan Penetapan Surat Makkiyah dan Madaniyah
Dasar atau alas an penetapan surat Makkiyah dan Madaniyah dibagi menjadi dua, yaitu :
a.         Aghlabiyah (mayoritas)
Ø  Jika suatu surat mayoritas ayatnya makkiyah, maka disebut surat Makkiyah
Ø  Jika suatu surat mayoritas ayatnya madaniyah, maka disebut surat Madaniyah
b.        Taba’iyah (kontinuitas)
Ø  Kalau permulaan suatu surat didahului ayat-ayat yang turun di Mekkah atau sebelum hijrah, maka suratnya disebut surat Makkiyah
Ø  Kalau permulaan suatu surat didahului ayat-ayat yang turun di Madinah atau sebelum hijrah, maka suratnya disebut surat Madaniyah[7]

D.      Faedah Mengetahui Makkiyah dan Madaniyah

Faedah mengetahui Makkiyah dan Madaniyah, yaitu :
1.         Untuk dijadikan alat bantu dalam menafsirkan Al-Qur’an, sebab pengetahuan mengenai tempat turun ayat dapat membantu memahami ayat tersebut dan menafsirkannya dengan tafsiran yang benar, sekalipun yang menjadi pegangan adalah pengertian umum lafaz, bukan sebab yang khusus. Berdasarkan hal itu seorang penafsir dapat membedakan antara ayat yang nasikh dengan yang mansukh bila di antara kedua ayat terdapat makna yang kontradiktif. Yang datang kemudian tentu merupakan nasikh atas yang terdahulu.
2.         Meresapi gaya bahasa Qur’an dan memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju jalan Allah, sebab setiap situasi mempunyai bahasa tersendiri. Memperhatikan apa yang dikehendaki oleh situasi, merupakan arti paling khusus dalam ilmu retorika. Karakteristik gaya bahasa Makki dan Madani dalam Al-Qur’an pun memberikan kepada orang yang mempelajarinya sebuah metode dalam penyampaian dakwah ke jalan Allah yang sesuai dengan kejiwaan lawan berbicara dan menguasai pikiran dan perasaannya serta mengatasi apa yang ada dalam dirinya dengan penuh kebijaksanaan. Setiap tahapan dakwah mempunyai topik dan pola penyampaian tersendiri. Pola penyampaian itu berbeda-beda, sesuai dengan perbedaan tata cara, keyakinan dan kondisi lingkungan. Hal yang demikian nampak jelas dalam berbagai cara Qur’an menyeru berbagai golongan: orang yang beriman, yang musrik, yang munafik dan Ahli Kitab.
3.         Mengetahui sejarah hidup Nabi melalui ayat-ayat Qur’an, sebab turunnya wahyu kepada Rasulullah sejalan dengan sejarah dakwah dengan segala peristiwanya, baik pada periode Mrkkah maupun periode Madinah, sejak permulaan turun wahyu hingga ayat terakhir diturunkan. Al-Qur’an adalah sumber pokok bagi peri hidup Rasulullah. Peri hidup beliau yang diriwayatkan ahli sejarah harus sesuai dengan Qur’an, dan Qur’an pun memberikan kata putus terhadap perbedaan riwayat yang mereka riwayatkan. [8]



BAB III
KESIMPULAN

Dari makalah di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari makiyyah adalah segala ayat yang diturunkan di Makkah. Sedangkan madaniyah adalah segala ayat yang diturunkan di Madinah. Dan didalam Makkiyah dan Madaniyah tersebut terdapat 4 teori yaitu, teori geografis, teori subyektif, teori historis, dan teori content analysis.
Dalam pengelompokan makiyyah dan madaniyah terdapat 28 surat yang turun di kota madinah dan 86 surat yang turun di kota makkah. Serta kita dapat mengambil faedahnya diantaranya, untuk dijadikan alat bantu dalam menafsirkan Al-Qur’an, meresapi gaya bahasa Qur’an dan memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju jalan Allah,dan mengetahui sejarah hidup Nabi melalui ayat-ayat Qur’an.
DAFTAR PUSTAKA

-          As-shalih, Subhi , Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Jakarta, Pustaka Firdaus. 2011.
-          Al-Ibyariy, Ibrahim , Pengantar Sejarah Al-Qur’an, Raja Grafindo Persada. 1993.
-          Al-Qattan, Manna Khalil , Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Litera Antar Nusa,
-          Dasuki, Hafizh dkk., Mukadimah Al-Qur’an dan Tafsirnya, Yogyakarta, UII. 1990.
-          Munawir, Fajrul, dkk, Al-Quran , Yogyakarta , Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2005
-          http://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/12/14/makkiyah-dan-madaniyah/  



[1] http://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/12/14/makkiyah-dan-madaniyah/ 
[2]Mukadimah Al-Qur’an dan Tafsirnya. Bab VI Makiyah dan Madaniyah, hal. 128
[3]Al-quran , Bab 1 pengertian dan anatomi al-quran, hal 14
[4]Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Bab III Pengetahuan Tentang Ayat-ayat yang Turun di Makkah dan Madinah, hal. 252
[5]Pengantar Sejarah Al-Qur’an, hal.43
[6]Pengantar Sejarah Al-Qur’an, hal.44
[7]http://mahrusali611.blogspot.com/2013/04/ilmu-makkiyah-madaniyah.html
[8]Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, hal.81

Tidak ada komentar:

Posting Komentar